ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Vol 3, No 1 (2013): ADITYA

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK PETA KONSEP SISWA KELAS VIII A MTs AL-MU’MIN SEMBIRKADIPATEN KEBUMEN

Ani Elys Qomaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah-lang-kah pembelajaran berbicara pengalaman pribadi dengan peta konsep; (2) pengaruh peta konsep terhadap aktivitas belajar; dan (3) peningkat-an keterampilan berbicara pengalaman pribadi siswa kelas VIIIA Mts Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Jawa MTs Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, observasi, rekaman, dan penilaian berbica-ra. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran berbicara pengalaman pribadi dengan teknik peta konsep siswa kelas VIII A MTs Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen terdiri dari lima pertemu-an, yaitu pratindakan satu pertemuan, siklus I dua pertemuan, dan siklus II dua pertemuan. Peningkatan aktivitas belajar, terlihat dari siswa yang lebih konsentrasi, antusias, aktif bertanya, dan aktif memberikan penilai-an terhadap teman. Peningkatan pada produk pembelajaran, dapat dili-hat dari perolehan rata-rata skor siswa. Pada tahap pratindakan nilai ra-ta-rata siswa 57,3. Pada siklus I hasil mencapai 62,6, dan pada siklus II  meningkat menjadi 77,8. Dengan demikian, pembelajaran keterampilan berbicara pengalaman pribadi siswa kelas VIII A MTs Al-Mu’min Sembir-kadipaten Kebumen mengalami peningkatan, baik secara proses mau-pun hasil setelah diberi tindakan dengan teknik peta konsep. Kata kunci: peningkatan, berbicara, peta konsep

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

aditya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ADITYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media publikasi hasil karya ilmiah. Terbit dua kali setahun tiap bulan November dan Mei. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, budayawan, ...