ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Vol 3, No 2 (2013): ADITYA

KEEFEKTIFAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS WACANA DESKRIPSI BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS X MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Suryo no (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan menggunakan teknik clustering dalam pembelajaran menulis wacana deskripsi Bahasa Jawa pada siswa kelas X MAN Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 62 siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data dengan instrumen tes dan non tes. Peneliti memberikan pre-test, perlakuan, dan post-test pada semua sampel. Untuk analisis data, peneliti menggunakan t-test. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 73.71>70.81. Sedangkan hasil dari t-test dalam penelitian ini adalah 5.58. Berdasarkan taraf signifikan 5% atau 0.05, nilai dari t-tabel adalah  1.84. Hal ini menunjukkan hasil t-test lebih tinggi daripada t-tabel yaitu 5.58>1.84. Ini berarti  pembelajaran kemampuan menulis wacana deskripsi Bahasa Jawa menggunakan teknik clustering lebih efektif dan memberikan peranan posistif dalam keterampilan menulis wacana deskripsi Bahasa Jawa siswa kelas X MAN Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.   Kata Kunci: teknik clustering, keterampilan menulis, wacana deskripsi  

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

aditya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ADITYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media publikasi hasil karya ilmiah. Terbit dua kali setahun tiap bulan November dan Mei. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, budayawan, ...