ADITYA - Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Vol 4, No 2 (2014): ADITYA

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN WACANA NONSASTRA BERBAHASA JAWA DENGAN METODE PQRST

Sri Sukaesih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2014

Abstract

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode PQRST dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana nonsastra berbasa Jawa dan (2) peningkatan kemampuan membaca pemahaman wacana nonsastra berbahasa Jawa siswa kelas X Ak 1 SMK N 1 Karanganyar Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain PTK. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Ak 1 SMK N 1 Karanganyar (38 orang) dan guru pembimbing. Objek penelitian ini adalah penerapan  metode PQRST dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pe-nerapan metode PQRST melalui tahap: peninjauan bacaan, tanya, baca, membuat ringkasan, dan tes (2) kemampuan membaca pemahaman siswa mengalami pening-katan. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 64,66 dan pada siklus I meningkat sebesar 10,34 menjadi 75. Pada siklus II, nilai rerata siswa meningkat sebesar 10,26 menjadi 85,26 (ketuntasan 89,47%).   Kata kunci: membaca pemahaman, wacana nonsastra berbahasa Jawa, metode PQRST

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

aditya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ADITYA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media publikasi hasil karya ilmiah. Terbit dua kali setahun tiap bulan November dan Mei. Redaksi menerima artikel dari kalangan mahasiswa, budayawan, ...