Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) proses pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode make a match berbantuan permainan bisik berantai pada siswa kelas VIII.I MTs N Klirong; (2)  peningkatan aktivitas belajar menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode make a match berbantuan permainan bisik berantai pada siswa kelas VIII.I MTs N Klirong; dan (3) peningkatan hasil belajar menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode make a match berbantuan permainan bisik berantai pada siswa kelas VIII.I MTs N Klirong. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.I MTs N Klirong dan objek penelitian ini ialah aktivitas dan hasil belajar bahasa Jawa siswa pokok bahasan menulis kalimat berhuruf Jawa. jenis penelitian ini merupakan PTK. Pengumpulan data digunakan teknik nontes dan teknik tes. Teknik nontes berupa observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan teknik tes berupa instrumen tes yang berupa soal tes. Teknik analisis data berupa analisis deskripsi persentase. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Proses pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode make a match berbantuan permainan bisik berantai dilakukan dalam tiga tahap  yaitu: prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil observasi tahap prasiklus sampai siklus II menunjukkan bahwa pada siklus I siswa  mulai aktif , tetapi belum bisa bekerjasama dengan kelompoknya, siklus II siswa aktif dan berkerjasama dengan kelompoknya, sehingga diketegorikan baik. Hasil belajar menulis kalimat berhuruf Jawa diketahui bahwa nilai rerata dari prasiklus 53,75, siklus I 73,12, dan siklus II 83,19, sedangkan ketuntasan belajar siswa pada prasiklus 5,55%, siklus I 52,78%, dan siklus II 100%.   Kata kunci: menulis huruf Jawa, metode make a match, permainan bisik berantai
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014