EJIP BIOL
Vol 4, No 2 (2016): e-jipbiol Jurnal online Pendidikan Biologi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Lingkungan Sekolah Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X, MIA 2 MAN 1 Palu

Rosdiana, Rosdiana (Unknown)
Djirimu, Muchlis (Unknown)
Bustamin, Bustamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2016

Abstract

ABSTRAK         Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X. MIA 2 MAN 1 Palu pada mata pelajaran Biologi. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode belajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru. Penelitian ini telah dilaksanakan di MAN 1 Palu Pada Bulan September 2014, tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi melalui penggunaan lingkungan sekolah di kelas X. MIA 2MAN 1 Palu. Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengambilan data yaitu observasi dan tes akhir. Seting penelitian ini adalah siswa kelas X. MIA 2MAN 1 Palu. Analisa data pada penelitian ini secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisa kuantitatif dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 71,66% dan siklus II sebesar 93,33%, sedangkan persentase hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar 77,27% sedangkan persentase siklus II 97,72%. Hasil analisa data kuantitatif dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 80,05%  (kategori baik) dengan daya serap klasikal 72,72% (kategori cukup). Pada siklus II persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 95% (kategori sangat baik) dengan daya serap klasikal 88,65% (kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan lingkungan sekolah sebagai media belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.                                               Kata Kunci    : Hasil belajar, Lingkungan Sekolah, Biologi 

Copyrights © 2016