Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif learning together dengan media gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem organisasi kehidupan di kelas VII C SMP Negeri 1 Tomini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahap dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I yang tuntas secara individu berjumlah 11 orang dari 33 siswa, diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 33,3% dan daya serap klasikal sebesar 58,3%. Pada tindakan siklus II yang tuntas secara individu berjumlah 28 orang dari 33 siswa, diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 84,84% dan daya serap klasikal 76,4%. Berdasarkan daya serap klasikal dan ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif learning together dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan sistem organisasi kehidupan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Tomini.
Copyrights © 2017