Jurnal Dikdas
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS IV

Juraid Juraid (Unknown)
Andi Imrah Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Pombewe.. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan perolehan ketuntasan belajar klasikal 68,75% dan daya serap klasikal 64,35% menjadi 93,75% untuk ketuntasan belajar siswa dan 78,25% untuk daya serap klasikal pada siklus II. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan pertama mencapai 56,25% dan pada pertemuan kedua mencapai 62,50% dengan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama mencapai 78,13% dan pada pertemuan kedua mencapai 87,50% dengan kategori sangat baik. Sedangkan  aktivitas siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 50% dan pada pertemuan kedua 56,25% dengan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan pada pertemuan pertama yaitu 75% dan pada pertemuan kedua mencapai 90,63% dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...