Jurnal Dikdas
Vol 1, No 2 (2013)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV SDN INTI OLAYA KECAMATAN PARIGI

Sartin Sartin (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penggunaan metode diskusi pada kelas IV SDN Olaya kecamatan Parigi. Subjek penelitian ini adalah seluruh murid kelas IV SDN Olaya kecamatan Parigi yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penugasan pada kegiatan inti dan teks akhir untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan kelas dengan menerapkan metode diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi penduduk. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian siklus I dengan skor tertinggi 80, skor terendah 36 dan skor rata-rata yang diperoleh 60,76, mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II dengan skor tertinggi 88, skor terendah 52 dan skor rata-rata yang diperoleh 74,09 yang terdiri dari 21 siswa. Kata-kata Kunci : Hasil Belajar; IPS; Metode Diskusi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...