Jurnal Dikdas
Vol 2, No 3 (2014): JURNAL DIKDAS

PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA MEMERANKAN DRAMA MELALUI METODE SOSIODRAMA DI KELAS V SD ALKHAIRAAT TONDO

Fauziah Riza (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Fendi Ef (Unknown)
Zul Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2014

Abstract

Permasalahan   dalam   penelitian   ini   apakah   melalui   metode  sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan siswa memerankan drama di kelas   V SD Alkhairaat Tondo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa memerankan drama melalui metode sosiodrama di kelas V SD Alkhairaat Tondo. Penelitian dilaksanakan di SD Alkhairaat Tondo, melibatkan 37 orang siswa terdiri atas 19 orang laki-laki dan 18 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014.  Penelitian  ini  menggunakan desain model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri  atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri dari empat  tahap  yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh daya serap siswa 56,25% dan ketuntasan belajar klasikal 60,86%, pada tindakan siklus I diperoleh daya serap siswa 69,5% dan ketuntasan klasikal 51,35% perolehan ini meningkat pada tindakan siklus II dengan perolehan daya serap siswa mencapai 91,89% sedangkan ketuntasan belajar klasikal mencapai 78,24%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dengan nilai daya serap individu minimal 70 dan ketuntasan belajar klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal yaitu 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan siswa memerankan drama di kelas V SD Alkhairaat Tondo.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...