Jurnal Dikdas
Vol 2, No 3 (2014): JURNAL DIKDAS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 1 BALE DENGAN MEMANFAATKAN ALAM SEKITAR

Nirna Wati (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Yusuf Kendek (Unknown)
Ri Zal (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2014

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA, sehingga peneliti memilih suatu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA yaitu dengan memanfaatkan alam sekitar. Penelitian dilaksanakan  di SDN 1 Bale, melibatkan 29 orang siswa terdiri atas 17 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian  ini  menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri  atas dua siklusJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditindakan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 62,06% dan daya serap klasikal sebesar 64,48%. Pada tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal 84,64%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan dengan daya serap klasikal minimal 70 dan ketuntasan belajar klasikal minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV  SDN 1 Bale.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...