Jurnal Dikdas
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MELALUI METODE DISKUSI KELAS IV SDN NO. 2 WOMBO

Mestwatin Watin (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Arif Firmansyah (Unknown)
Rizal Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn melalui Metode Diskusi Kelas IV SDN No. 2 Wombo.  Penelitian tindakan ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I dari pertemuan I diperoleh presentase 69,23%, pada siklus II 92,30% presentase peningkatan aktivitas guru yaitu 23,07%. Untuk aktivitas siswa siklus I dari pertemuan I diperoleh presentase 65,83% dan meningkat menjadi 88,46% pada siklus II sehingga presentase peningkatan aktivitas siswa 22,63%. Ini menunjukan bahwa pada aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 masuk kategori cukup sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori sangat baik. Selanjutnya penggunaan metode diskusi juga dapat meningkat hasil belajar PKn siswa, pada tindakan siklus II diperoleh presentase tes akhir KBK sebesar 95%. Hal-hal diatas sudah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...