Jurnal Dikdas
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL QUESTION STUDENT HAVE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD INPRES 1 TONDO

Anita Wulandari (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Hiber Yaspin Tandi (Unknown)
Zul Nuraini (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model Question Student Have pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres 1 Tondo. Rancangan penelitian mengikuti tahap yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas 4 komponen yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut dibuktikan denganĀ  analisis tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah: siswa yang tuntas 16 dari 30 siswa atau persentase ketuntasan klasikal sebesar 53,33% dan daya serap klasikal 70% , serta persentase rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 67,33% dengan kategori kurang. Pada siklus II siswa yang tuntas 26 dari 30 orang siswa atau ketuntasan klasikalnya 86,66% dan daya serap klasikal sebesar 70%, serta persentase rata-rata hasil belajar siswa adalah 8,43% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Question Student Have pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Tondo.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...