Wara Sulistya Ningrum. Identifikasi Kebutuhan Pendidikan Karakter di SDN Inpres 1 Tondo Kecamatan Palu Timur. (dibimbing oleh Akina dan Zulnuraini) Mendeskripsikan pemahaman guru tentang konsep pendidikan karakter, nilai karakter yang diutamakan, serta fasilitas yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di SDN Inpres 1 Tondo maka digunakan metode deskriptif kualitatif sehingga data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Unit analisa yang dipilih adalah guru dan siswa yang berbeda budaya dan status sosialnya. Dari 10 guru sebagai informan ditemukan 6 telah memahami, 3 mulai memahami, 1 belum memahami konsep pendidikan karakter. Nilai yang dikembangkan yaitu nilai religius, peduli lingkungan, semangat kebangsaan, demokratis, komuniktif, toleransi, mandiri, peduli sosial dan cinta damai. Fasilitas sekolah belum menunjang pengembangan pendidikan karakter sehingga perlu diupayakan pembenahan diantaranya adalah mushalla, saluran pembuangan air, media komunikasi dan informasi elektronik, ruang kesenian, wc dan air bersih. Kata Kunci: Pendidikan, Kebutuhan, Karakter
Copyrights © 2013