Jurnal Dikdas
Vol 1, No 3 (2013)

STUDI ANALISIS KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 1 TARIPA KECAMATAN PAMONA TIMUR

Denir Yeshidsen Pelodu (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2013

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kesulitan belajar di SDN 1 Taripa terhadap prestasi yang di capai siswa di sekolah. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru, sedangkan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh melalui angket/kuisioner dan wawancara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkandianalisisdengandeskriptifkualitatif, dalambentukpersentase, sedangkan untukmengihitungpersentasenilaidariinstrumenpenelitianpeneliti menggunakanrumus: P = X 100%. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Taripa yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri atas 24 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian di SDN 1 Taripa menunjukan bahwa 22,59% siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari guru, dan 54,63% siswa kadang-kadang mendapat bimbingan belajar dari guru. Berdasarkan kriteria keberhasilan siswa menurut Mustaqin dan Abdul Wahid bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu, kemampuan pembawaan, kondisi phisik orang yang belajar, kemauan belajar, sikap terhadap guru, bimbingan, dan ulangan, serta cara guru mengajar di kelas. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Prestasi Belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...