Jurnal Dikdas
Vol 7, No 1 (2019): JURNAL DIKDAS

Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SDN Lee Kecamatan Mori Atas

Ardety Sanda (Universitas Tadulako)
Huber Yaspin Tandi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Tadulako)
Arif Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adala huntuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasi belajar dengan perolehan hasil belajar siswa SDN Lee Kecamatan Mori Atas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 15 siswa kelas V SDN Lee Kecamatan  Mori  Atas ada 10 orang siswa atau 66,7% yang memiliki motivasi belajar tinggi dan 5 orang siswa atau 33,3% yang memiliki motivasi belajar sedang. Berdasarkan analisis inferensial diperoleh rhitung yaitu 0,882 jika nilai rhitung ini dikonsultasikan ke rtabel dengan jumlah sampel penelitian 15 dan taraf kepercayaan 5% maka diperoleh nilai rtabel yaitu 0,514. Sehingga rhitung>rtabel atau 0,882 > 0,514 berdasarkan kelaziman data penelitian kuantitatif, jika rhitung>rtabel maka Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa Ho dalam penelitian di tolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SDN Lee Kecamatan Mori Atas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...