Jurnal Dikdas
Vol 1, No 2 (2013)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DI KELAS IV SDN No 1 SALUMBONE

Ardin Ardin (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2013

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang perubahan kenampakan alam melalui penerapan metode demonstrasi di kelas IV SDN No. 1 Salumbone.Siswa yang terlibat sejak penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 25 orang pada tahun ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi aktivitas guru dan siswa diambil dari lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi aktivitas siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Peningkatan tersebut menunjukan bahwa pada aktivitas guru dan siswa pada siklus 1 masuk kategori cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori baik dan pada siklus III aktivitas guru dan siswa berada dalam kategori sangat baik. Adapun hasil belajar siswapada siklus 1, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal 52% dan nilai rata-rata 62,4%, meningkat pada siklus II persentase ketuntasan klasikal mencapai 76% dan nilai rata-rata hasil belajar 72,4%, kemudian pada siklus III persentase ketuntasan klasikal mencapai 92% dan nilai rata-rata hasil belajar mencapai 79,6.Kesimpulan  bahwa perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 1 Salumbone. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPA.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...