Jurnal Dikdas
Vol 2, No 1 (2014)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTEK LAPANGAN MATA KULIAH MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH

Yusdin Gagaramusu (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2014

Abstract

Studi ini bertujuan dengan tujuan untuk mengidentifikasi persepsi mahasiswa PGSD tentang pelaksanaan praktek lapangan pada mata kuliah MBS, efektifitas praktek lapangan dalam meningkatkan wawasan tentang materi MBS serta implementasi MBS di sekolah mitra. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 85% mahasiswa berpendapat bahwa hal-hal yang harus dilakukan pada masa persiapan seperti tertulis dalam panduan praktek lapangan secara umum jelas. Akan tetapi masih ada keraguan dari sebagian mahasiswa (15%) tentang kejelasan panduan praktek lapangan. Data hasil penelitian juga menunjukan bahwa 91,7% mahasiswa berpendapat bahwa kegiatan praktek lapangan sangat efektif untuk meningkatkan wawasan mereka tentang materi MBS dan 8,3% lainnya berpendapat efektif. Sehubungan dengan implementasi MBS di sekolah mitra, 75% mahasiswa berpendapat bahwa MBS telah diimplementasikan di sekolah dan 25% lainnya berpendapat sekolah belum mengimplementasikan MBS.   Kata kunci: Persepsi, Praktek Lapangan, MBS

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...