Jurnal Dikdas
Vol 3, No 3 (2015): JURNAL DIKDAS

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS 3 SDN NO.1 BATUSUYA GO’O

I Komang Suardi (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Bustamin Bustamin (Unknown)
Yusdin Bin Gagaramusu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar IPA kelas 3 SDN No.1 Batusuya Go’o. Tujuan dalam pembelajaran ini adalah siswa dapat mengetahui macam-macam gerak benda, siswa dapat mengetahui hal-hal yang mempengaruhi gerak benda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan rancangan penelitian model Pre-Experimental Designs. Design penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Designs. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil pre-test, post-test, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukkan ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui rata-rata pre-test 58 dan rata-rata post-test 69, dengan selisih nilai rata-rata hasil belajar sebesar 11. Berdasarkan analisis dengan teknik _tatistic inferensial, bahwa tes hasil belajar siswa diperoleh perhitungan dengan uji-t yaitu thitung sebesar 2,593 dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat perbedaan (d.b) = N-1 = 30-1 = 29  maka ttabel = 2,045, dari hasil analisis data tersebut bahwa thitung > ttabel atau 2,593 > 2,045. Karena diketahui thitung >  ttabel ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas 3 SDN No.1 Batusuya Go’o.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...