Jurnal Dikdas
Vol 1, No 4 (2013)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD BALA KESELAMATAN JONO OGE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Modesta Yani Rante Bunga (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2013

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV SD Bala Keselamatan Jono Oge masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart, terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 60%, pada siklus II meningkat menjadi 91,6%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 70%, pada siklus II meningkat menjadi 93,3%. Hasil  tes akhir pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan daya serap klasikal 56,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,7%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koopertif tipe Teams Games Tournamnet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.Kata Kunci : Hasil Belajar; Teams Games Tournament.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...