Jurnal Dikdas
Vol 2, No 2 (2014)

PENERAPAN ALAT PERAGA KARTU POSINEGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SDN OLOBOJU

Agung Setiawan (PGSD, FKIP, Universitas Tadulako)
Akina Akib (Universitas Tadulako)
Sudarman Benu (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2014

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penggunaan kartu posinega yang dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN Oloboju dalam menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan bulat. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 orang. siswa kelas V SDN Oloboju. Data dalam penelitian ini didapat dari  hasil tes, lembar observasi, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan siswa, dimana pada siklus I terdapat 13 siswa yang telah berhasil tuntas sedangkan pada siklus II semua siswa telah berhasil tuntas. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktifitas guru dan siswa masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu posinega dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN Oloboju dalam menyelesaikan perkalian dan pembagian bilangan bulat. Kata kunci : kemampuan siswa; perkalian dan pembagian bilangan bulat; kartu posinega

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...