Jurnal Dikdas
Vol 7, No 1 (2019): JURNAL DIKDAS

Inquiring Minds Want To Know Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SDN Inpres 3 Tondo

Danti Angraeni (Universitas Tadulako)
Rizal Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan strategi Inquiring Minds Want to Know di Kelas V SDN Inpres 3 Tondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo dengan jumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 8 orang perempuan. Sumber data yaitu tes awal dan tes akhir tindakan pembelajaran, yang mencakup observasi aktivitas guru dan siswa. hasil tindakan siklus I diperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67% dengan nilai rata-rata 69,83% hasil tindakan siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 95,83% dengan nilai rata-rata 85%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I memperoleh persentase 84,09% dan meningkatkan pada siklus II dengan prensetase 66,67% dan pada siklus II meningkat dengan prsentase 80,56%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiring minds want to know dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Inpres 3 Tondo

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ESE

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning model, learning methods, and instructional ...