Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education
Vol 3, No 12 (2015)

PENGARUH MODEL MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA PUTRA KELAS IV SDN 1 TALISE PADA CABANG OLAHRAGA ATLETIK NOMOR LARI JARAK PENDEK 60 METER

Hamdan, Hamdan (Unknown)
Saparia, Andi (Unknown)
Eka Wahyudi, Andi Sultan Brilin Susandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2015

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model modifikasi permainan pada siswa putra kelas IV SDN 1 Talise pada cabang olahraga atletik nomor lari jarak pendek 60 meter.? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model modifikasi permainan terhadap kemampuan lari jarak pendek siswa kelas IV SDN 1 Talise. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Lokasi Penelitian di Lapangan abadi dan halaman sekolah SDN 1 Talise. Peneliti mengumpulkan data dari 16 sample siswa putra kelas IV. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, jenis tes di antaranya adalah tes kecepatan. Berdasarkan hasil analisa menggunakan  program diperoleh hasil t hitung = 23.64 sedangkan  t tabel = 2.131, diperoleh dari N-1 dengan taraf signifikasi 5%. Jadi t hitung lebih besar daripada t tabel (23.64 > 2.131). Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, ini berarti bahwa hasil hipotesis menyatakan ada pengaruh yang signifikan, berarti model modifikasi permainan terhadap kemampuan lari jarak pendek 60 meter pada siswa kelas IV SDN 1 Talise dapat diterima. Dari hasil penelitian tersebut dapat di jadikan sebagai bahan kajian atau referensi tambahan dalam program latihan untuk para pelatih/guru olahraga dalam memberikan porsi latihan karena dari hasil latihan ini ada peningkatan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PJKR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Menerbitkan artikel dengan standar tinggi pada berbagai aspek pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi yang meliputi sejumlah basis disiplin, termasuk model instruksional; pendekatan pengajaran dalam pendidikan jasmani; Metode pengajaran dalam Pendidikan Jasmani; Konten dan pengetahuan kurikulum ...