Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan modifikasi matras dapat meningkatkan hasil belajar rol depan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bahontobungku Kecamatan Bungku Tengah? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar rol depan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bahontobungku Kecamatan Bungku Tengah melalui metode modifikasi matras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 18 orang siswa, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Rancangan penelitian ini terdiri atas 4 komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan atau observasi, dan (4) refleksi. data yang dikumpulkan diperoleh melalui tes unjuk kerja, dan observasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan indikator keberhasilan tindakan pada siklus I diperoleh persentase 66,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,89%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui modifikasi matras bidang miring dapat meningkatkan hasil belajar rol depan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Bahontobungku. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat disarankan kepada peneliti yang akan datang dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan acuan khususnya bagi peneliti sejenis. Peneliti yang akan datang dapat mengembangkan metode ini untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar rol depan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015