BAHASA DAN SASTRA
Vol 4, No 4 (2019): Jurnal Bahasa dan Sastra

PENGGUNAAN GAYA BAHASA IKLAN PRODUK DI FACEBOOK

Alfiyani, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2019

Abstract

ABSTRAK - Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah gaya bahasa apa saja yang digunakan iklan produk di facebook. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan iklan produk di facebook. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, simak dan catat. Tahapan analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis terdapat 22 data yang terbagi atas 4 gaya bahasa hiperbol, 1 gaya bahasa pleonasme dan tautologi, 6 gaya bahasa erotesis, 2 gaya bahasa asindeton, 3 gaya bahasa persamaan atau simile, 3 gaya bahasa personifikasi, 1 gaya bahasa ironi, 1 gaya bahasa epitet, dan 1 gaya bahasa pun atau paranomasia. Adapun gaya bahasa yang sering digunakan dalam iklan produk di facebook yakni gaya bahasa erotesis. Kata kunci: Gaya Bahasa; Iklan; Facebook 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BDS

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal elektornik Program Studi Bahasa Satra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ...