Judul penelitian ini adalah penggunaan majas sindiran dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP Negeri 1 Balaesang Desa Tambu, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala. Identifikasi majas sindiran yakni bagaimana, jenis, makna dan fungsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis, makna serta fungsi majas sindiran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa kata-kata lisan. Peneliti melakukan kegiatan penelitian dengan menyimak, dan mengidentifikasi tindak tutur guru dalam proses belajar mengajar yang mengandung majas sindiran sehingga menghasilkan data berupa kata-kata lisan objek. Analisis data berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar digunakan majas sindiran meliputi ironi, sinisme, sarkasme. Maka dari majas sindiran yang digunakan memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan teguran dan mendidik, selain itu penggunaan majas sindiran dalam proses belajar mengajar betujuan untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran itu.Kata Kunci: Majas, proses belajar mengajar, guru bahasa Indonesia
Copyrights © 2018