ABSTRAK -Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan fungsi tindak tutur guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas VII MTs Negeri 4 Palu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran pada kelas VII MTs Negeri 4 Palu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah guru. Teknik yang digunakan yaitu teknik rekam, simak, dan catat. Teknik analisis data terdiri dari (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data (4) Verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima bentuk dan fungsi tindak tutur guru dalam pembelajaran. Tindak tutur tersebut meliputi tindak tutur perlokusi, representatif, direktif, komisif, dan ekspresif. Adapun tindak tutur perlokusi mencakup perlokusi memuji, pernyataan dan berjanji. tindak tutur representatif yang hanya terdapat representatif pernyataan. Tindak tutur ekspresif diantaranya seperti memuji, mengkritik dan permohonan maaf. Tindak tutur direktif, tindak direktif mencakup direktif perintah, permintaan, menasehati, dan melarang. Tindak tutur komisif seperti komisif berjanji, ancaman dan menawarkan.Kata Kunci : Tindak tutur guru, bentuk, fungsi.
Copyrights © 2020