BAHASANTODEA
Vol 5, No 1 (2017)

USING COMICS IN IMPROVING THE ABILITY OF GRADE X STUDENTS OF SMA NEGERI 4 PALU IN WRITING NARRATIVE TEXT

Faradila S., Nurul Wahyuni (Unknown)
Usman, Sriati (Unknown)
Rita, Fery (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan komik  dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental. Sehingga, terdapat dua kelas yang diberikan tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 170 siswa dan sampelnya adalah kelas X IIS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 yang berjumlah 33 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah test. Data dianalisa menggunakan metode statistik uji-t untuk mengetahuin perbedaan signifikan dari pencapaian siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil test, nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 73.11, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 63.22. Hasil perbandingan nilai rata-rata melalui uji-t dengan mengaplikasikan perbandingan level 0.05 dan derajat kebebasan 62 (64-2) ditemukan bahwa nilai t-hitung (3.48) lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel (1.999). Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa  hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Dengan kata lain, penggunaan komik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif.

Copyrights © 2017