Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan komik  dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental. Sehingga, terdapat dua kelas yang diberikan tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 170 siswa dan sampelnya adalah kelas X IIS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 yang berjumlah 33 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah test. Data dianalisa menggunakan metode statistik uji-t untuk mengetahuin perbedaan signifikan dari pencapaian siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil test, nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 73.11, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 63.22. Hasil perbandingan nilai rata-rata melalui uji-t dengan mengaplikasikan perbandingan level 0.05 dan derajat kebebasan 62 (64-2) ditemukan bahwa nilai t-hitung (3.48) lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel (1.999). Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa  hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Dengan kata lain, penggunaan komik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017