cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
BAHASANTODEA
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 177 Documents
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI NOVEL DENGAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI SASTRA SISWA SMA NEGERI 1 AMPIBABO KECAMATAN AMPIBABO KABUPATEN PARIGI MOUTONG Mai, Tri Yanti Ramly B.
BAHASANTODEA Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.019 KB)

Abstract

This research have the purpose to know the correlation ability to understanding novel contents to the literature learning outcomes of the students SMA Negeri 1 Ampibabo, Ampibabo Subdistrict, Parigi Moutong regency; the correlation ability to understanding novel contents with the ability to understanding intrinstic element to the literature appreciation learning outcomes of the students SMA Negeri 1 Ampibabo, ampibabo subdistrict, Parigi moutong regency. This research implemented in the SMA Negeri 1 Ampibabo, Ampibabo Subdistrict, Parigi Moutong regency. The method of this research analyzed by descriptive and data analysis by inferensial. Descriptive analysis include describing, central tendention and disseminating tendention, the distribution composing score frequent and his histogram. Whereas the data analysis by inferensial used to hiphotesis trial utility. The research outcomes showing average score which getting by the twelfth grade student of SMA Negeri 1 Ampibabo parigi moutong regency which have correlation with the ability to understanding the novel contents categoryzed was able, with the average score 75,36. For the second hypthotesis, according to the significant between the ability to understand the intrinstic element with the literature appreciation learning outcomes. The simple crrelation analisys (r) founded correlation between novel contents element understanding and instrinsic element understanding to the literature appreciation learning outcomes of the students SMA Negeri 1 Ampibabo, ampibabo Subdistrict, Parigi Moutong regency (r) is 0,792. There is a positive correlation between the ability to understanding the novel contents with the ability to understanding instrinsic element to the literature appreciation learning outcomes based on the data analysis outcomes can be explain that the ability to understanding the novel contents and the ability to understanding the instrinsic elements to the literature appreciation learning outcomes of the twelfth grade student of SMA Negeri 1 Ampibabo by an individual or a group have a positive correlation. However, the strong with the R score is 82,1%.
DEVELOPING STUDENTS’ SKILL IN WRITING NARRATIVE TEXT AT SMA NEGERI 1 TORUE THROUGH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION Tamanampo, Heni Oktavianti
BAHASANTODEA Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.977 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Torue. Subyek penelilitian ini adalah 38 siswa kelas XC tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan siswa dalam menulis teks naratif dapat dikembangkan melalui CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Data dikumpulkan dari observasi, catatan di lapangan, kuesioner, dan tes. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Ada dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini; pertama, siswa harus mendapatkan nilai sama atau lebih dari 70 sebagai nilai individu dan harus dicapai oleh 75% dari  keseluruhan  jumlah siswa, dan kriteria kedua adalah keterlibatan aktif siswa  sama atau lebih dari 75% dari keseluruhan jumlah siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil siklus 1, pencapaian belajar siswa adalah 58% ( 22 dari 38 siswa) mendapatkan nilai diatas 70, dan keterlibatan aktif siswa adalah 72,8%. Setelah menerapkan perencanan yang direvisi dalam siklus 2, pencapaian belajar siswa adalah 79% (30 dari 38 siswa) mendapatkan nilai diatas 70, dan keterlibatan aktif siswa adalah 86,7%. Hal ini menunjukan bahwa hasil siklus 1 tidak memenuhi ke dua kriteria keberhasilan. Pengembangan dan pencapaian kriteria keberhasilan terjadi dalam siklus 2. Hal ini mengindikasikan bahwa CIRC efektif dalam mengembangkan keterampilan siswa dalam menulis teks naratif. Oleh karena itu, CIRC sangat potensial untuk diterapkan dalam pelajaran menulis. Kata-Kata Kunci: CIRC, mengembangkan, keterampilan menulis, teks naratif.
AN ANALYSIS OF DEIXIS IN THE NOVEL EINSTEINS’ DREAMS BY ALAN LIGHTMAN Asy’ari, Muhammad; Rita, Ferry; Usman, Sriati
BAHASANTODEA Vol 5, No 1 (2017)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.478 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai jenis deiksis dan menggambarkan interpretasi deiksis dalam setiap ujaran yang digunakan pada novel "Einstein’s Dreams" karya Alan Lightman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif descirptive dimana peneliti menerapkan dua tahap; pertama, membaca novel "Einstein’s Dreams" karya Alan Lightman, kedua, memilih kalimat disetiap halaman yang mencakup lima jenis teori deiksis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, deiksis personal banyak digunakan pada novel Einstein’s Dreams karya Alan Lightman. Deksis personal dapat dibagi kedalam tiga bagian, yaitu orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga karena penulis ingin mengungkapkan tentang peserta pertuturan dalam situasi pertuturan dimana tuturan tersebut dibuat. Deiksis waktu juga sering muncul karena penulis ingin mengungkapkan waktu pada saat penuturan sedang berlangsung. Deiksis ruang juga muncul karena penulis ingin menjelaskan lokasi ruang pada penunjukkan dari ucapan. Deiksis wacana juga muncul karena digunakan untuk merujuk kepada beberapa bagian dari wacana yang mengandung ucapan sebagai tanda dan hubungannya pada teks yang melingkupi. Deiksis sosial  juga muncul karena digunakan untuk menunjukkan status sosial antara pembicara dan pendengar. 
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SD BALA KESELAMATAN PALU Pandaleke, Alex Y.; Syamsuddin, Syamsuddin; Yunidar, Yunidar
BAHASANTODEA Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.023 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SD Bala Keselamatan Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 13 orang siswa yang terdiri atas 6 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil observasi awal menunjukkan 77% siswa kelas V SD Bala Keselamatan Palu belum memiliki kemampuan berbicara yang baik. Skor rata-rata hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pada siklus I adalah 61,15. Dengan banyaknay siswa yang telahtutnas pada siklus I adalah 7 orang iatau 53,85% dan yang belum tutnas ada 6 orang atau 46,15%. Setelah dilanjutkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajr siswa terhadap materi pelajaran berbicara adalah 78,62%. Dengan banyaknya siswa yang telah lulus pada siklus ini ada 11 orang atau 84,62% dan yang belum lulus ada 2 orang atau 15,38%. Berdasarkan hasil penilaian kemampuan berbicara pada tindakan siklus 1, aspek pelafalan rata-rata 61,50, aspek intonasi rata-rata 61,50, aspek kelancaran rata-rata 67,75 dana spek ekspresi rata-rata 66,00. Dari empat aspek yang dinilai 2 di antaranya tidak mencapai KKM (65) dua aspek sudah mencapai KKM namun belum memuaskan. Faktor penyebab siklus I adalah belum maksimalnya aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi kemampuan berbicaranya. Upaya yang dilakukan pada tindakan selanjutnya adalah memperbaiki skenario pembelajaran secara terperinci dan memaksimalkan potensi siswa dengan memotivasi siswa. Hasil tindakan siklus 2, aspek pelafalan rata-rata 82,25 aspek intonasi rata-rata 78,75, aspek kelancaran rata-rata 80,75 dan aspek ekspresi rata-rata 73,00. Secara keseluruhan sudah mencapai KKM sehingga pembelajaran dinyatakan berhasil.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI MODEL TERPADU MADANI DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC Rumondor, Paul
BAHASANTODEA Vol 4, No 1 (2016)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.548 KB)

Abstract

On the observation, it was found that most students of thr grade V didi not have good ability in speaking Indonesia language. When Indonesia language is used orally, the students tend to use it incorrectly and unclearly. The results in different meaning such as “lagu” and “ragu” and interupted use when both asking and responding questions. This research aimed at (1) finding out and analysing the improvement of students’ speaking ability of the grade V of SDN model Terpadu Madani Palu through scientific approach, and (2) finding out the use of scientific approach in improving the students’ speaking ability of grade V of SDN Model Terpadu Madani. This was classroom action research and the subjects were grade V students of SDN Model Terpadu Madani. This research was conducted in two cycles. Each cycle went through observing, asking, collecting and processing information, drawing conclusion, and recomending. The reseach showed that the use of scientific approach can improve the students’ ability in speaking. Based on the result in Cycle I, there was an average improvement in some aspects: pronu ciation 2.59; structure, 2.64; vocabulary, 2.59; patience, 2.82; voice volume, 2.68; fluency, 2.64; and comprehension, 2.59. The students’ speaking ability was 2.65. In cycle I, the problem was the students’ activity was not optimal. The effort was to improve the instructional scenario and encourage the students. Icycle II, the results are pronunciation, 3.59; structure, 3.41; vocabulary, 3.64; patience, 3.50;,voice volume, 3.64; fluency, 3.50 and comprehension, 3.59. The students’ speaking ability has reached 3.55. This result indicates that use of scientific approach can improve the student’ speaking ability of grade V of SDN Model Terpadu Madani.
TEACHING READING SKILL TO GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI 1 SINDUE TOMBUSABORA THROUGH COOPERATIVE LEARNING Minarni, Minarni
BAHASANTODEA Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.658 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Keterampilan membaca untuk Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sindue Tombusabora melalui Pembelajaran Kooperatif. Subyek penelitian adalah kelas VIII terdiri dari 30 siswa SMPN 1 Sindue Tombusabora. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan lembar observasi, catatan lapangan, selama pelaksanaan tindakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif efektif dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif ditunjukkan oleh peningkatan skor siswa. Temuan menunjukkan bahwa pada siklus 1 terdapat 19 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Ini berarti bahwa pencapaian klasikal adalah 63,3%. Dalam siklus 2, ditemukan bahwa terdapat dua 24 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Ini berarti bahwa prestasi yang diperoleh adalah 80%. Prestasi didapat didasarkan pada jumlah siswa yang mendapat skor minimal kriteria keberhasilan (65). Kedua prestasi individu yang diperoleh telah memenuhi kriteria keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif efektif untuk mengembangkan keterampilan membaca siswa. Kata kunci: mengajar, membaca, dan pembelajaran kooperatif.
AN ANALYSIS OF SYNTACTICAL ERRORS MADE BY GRADE XI STUDENTS OF SMA NEGERI 4 PALU IN CONSTRUCTING ENGLISH SIMPLE SENTENCES Istiqamah, Rabaniyah; Basri, Hasan; Mertosono, Sudarkam R.
BAHASANTODEA Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.816 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kesalahan siswa dalam membuat kalimat sederhana Bahasa Inggris. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 148 siswa. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh berdasarkan tugas yang dikerjakan oleh siswa yaitu membuat kalimat dan menulis essay. Peneliti menemukan beberapa tipe kesalahan yang dibuat oleh siswa, yaitu 12 macam penghilangan,13 macam salah penggunaan,1 macam salah formasi, dan 2 macampenambahan. Setelah menganalisa tipe-tipe kesalahan tersebut, peniliti menemukan keslahan yang paling sering dan pertama dibuat oleh siswa dalam menulis adalah penghilangan (673 atau 66.67%), kedua adalah salah penggunaan (242 atau 23.98%), ketiga adalah salah formasi (53 atau 5.25%), dan kesalahan yang paling sering terjadi terakhir adalah penambahan (41 atau 4.06%). Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penghilangan merupakan kesalahan yang paling umum yang dibuat oleh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Palu.
OVERCOMING STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN EFL CLASSROOM THROUGH ROLE PLAY TECHNIQUE AT STIKES WIDYA NUSANTARA PALU Situmorang, Depni Leliani
BAHASANTODEA Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.876 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana teknik Role Play dapat mengatasi kecemasan siswa dalam berbahasa di dalam kelas EFL di kampus Stikes Widya Nusantara Palu. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pengajaran dosen dan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiwa di dalam kelas. Penelitian ini terdiri dari satu siklus. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 program studi keperawatan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 47 orang mahasiswa. Instrument penelitian ini menggunakan observation checklist, field notes, questionairre items, test dan kamera. Data yang diperoleh diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari observation checklist dan field notes diolah secara kualitatif, dan sebaliknya, data yang diperoleh dari test dan questionnaire items diolah secara kuantitatif. Kriteria kesuksesan untuk pencapaian individu adalah 69 dan pencapaian kelas adalah 60%. Dari hasil penelitian diperoleh 41 mahasiswa (87,33%) telah berada pada tingkat kecemasan rendah. Hasil ini didukung dengan pencapaian tets lisan yang menunjukkan 41 orang mahasiswa (80,85%) berhasil lolos mengikuti tes. Setelah seluruh data yang diperoleh diolah dan di analisis, dapat disimpulkan bahwa teknik Role Play mampu mengatasi Kecemasan Siswa dalam Berbicara di Dalam Kelas EFL Melalui Teknik Role Play di Stikes Widya Nusantara Palu.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK MIND MAP SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG Mustapa, Nortje
BAHASANTODEA Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.702 KB)

Abstract

Abstract The problem in this study were: 1) How was the application of mind mapping technique in teaching poetry writing skill of VIIa grade students at SMP Negeri 1 Parigi?, And 2) Did the use of mind mapping techniques can enhance the creativity of writing poetry as an expression of feeling of VIIa grade students at SMP Negeri 1 Parigi ? It was a classroom action research that consisting of 2 cycles. This research was conducted at SMP Negeri 1 Parigi, class VIIa with 32 students. In this study, the data collection techniques used observation, questionnaire and achievement test and the data analysis was descriptive and qualitative analysis. The results of the research and the analysis could be obtaine as follows: Increasing the ability of the students in write poetry in the first cycle reached an average of 64.16 increased to 87.28 in the second cycle. The conclusions drawn in this study was learning by applying the mind mapping technique  improved the ability to write poetry of VIIa grade students at SMP Negeri 1 Parigi. Keywords: Mind Map Technique, Writing Poetry.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VIII MTs ALKHAIRAAT SIBALAYA MELALUI STRATEGI TERBIMBING Ferawati, Ferawati
BAHASANTODEA Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : BAHASANTODEA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.568 KB)

Abstract

Abstract The Problem statement in this research was whether the application of guided strategies could improve the ability of students of the eight grade at MTs. Alkhairaat Silabaya in  writing a formal letter. It was a classroom  action research. The procedures for implementing the plan of action research: (1) planning action, (2) implementation of the action, (3) observation, (4) reflection. The research subjects were 20 students of class VIII MTs. Alkhairaat Sibalaya. The results of the research in the first cycle in pre writing stage was 69.9, in writing stage was 67.1 and the revision stage was 68,5. Furthermore, in the second cycle, the result of evaluation obtained 68.5. the second cycle, the results of the evaluation in pre writing stage was 100, in writing stage was 81.75 and revision stage was  84.75. Furthermore, the result of the second cycle was 88.83. Based on the data, it could be concluded that by using a guided strategy could improve the ability of students of class VIII MTs. Alkhairaat Silabaya in writing a formal letter. Developing the skill of students in writing a formal letter through guided strategies worth considering the subject of a class action research for the teachers and further research.   Keyword: Writing Skills, Official Letters, and Guided Strategy.

Page 1 of 18 | Total Record : 177