BAHASANTODEA
Vol 4, No 3 (2016)

REPRESENTASI BENTUK KEKUASAAN DALAM WACANA KELAS DI SMP LABSCHOOL UNTAD PALU TAHUN AJARAN 2015/2016

Asrianti, Asrianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi bentuk kekuasaan dalam wacana kelas di SMP Labschool Untad Palu tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong analisis wacana kritis (AWK). Model AWK yang diimplementasikan adalah model Norman Fairclough. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui; (1) observasi, (2) teknik rekam, dan (3) catatan lapangan. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Analisis data penelitian dilakukan melalui model Miles dan Huberman, yakni: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat representasi bentuk kekuasaan dalam wacana kelas di SMP Labschool Untad Palu tahun ajaran 2015/2016 melalui tindak tutur. Tuturan tersebut akan merepresentasikan bentuk, yakni: (1) perintah, (2) permintaan, (3) larangan, (4) persilaan, (5) saran, (6) menilai, (7) memberitahukan. Dari tindak tutur tersebut terepresentasi bentuk kekuasaan yang menggunakan beberapa jenis kekuasaan, seperti: kekuasaan paksaan, kekuasaan absah, kekuasaan imbalan, dan kekuasaan keahlian

Copyrights © 2016