Untuk dapat memanfaatkan setiap peluang yang muncul secara optimal serta dapat menghadapi dan menyelesaikan ancaman baik dari dalam maupun dari luar perusahaan dengan efektif dan efisien, maka perusahaan perlu membuat serangkaian kebijakan, strategi dan taktik yang tepat. Namun demikian untuk setiap pengambilan keputusan oleh perusahaan, terlebih dahulu perusahaan harus ampu melakukan antisipasi, pemahaman serta penguasaan terhadap masalah yang timbul baik berupa peluang maupun ancaman.
Strategi maupun taktik yang digunakan dalam menghadapi setiap peluang dan ancaman yang bervariasi, memerlukan perlakuan dan pendekatan yang berbeda, tergantung dari jenis permasalahannya. Kebijakan mengenai segmentasi pasar, penetapan sasaran dan penentuan posisi pasar adalah merupakan penerapan dari jantung pemasaran strategis modern yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam memilih jenis pemasaran sasarannya. Hal ini terbukti bahwa jenis pemasaran ini membantu perusahaan mengidentifikasikan peluang pasar dengan lebih baik. Dengan demikian perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat, mampu menentukan harga, saluran distribusi dan periklanannya bagi masing-masing target pasar dengan efisien. Sehingga daripada perusahaan melakukan usaha pemasaran yang tidak efektif, lebih baik menitik beratkan pada pembeli yang berminat tinggi untuk membeli.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan posisi pasar dengan melakukan analisis segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran yang berkaitan dengan volume penjualan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi dan korelasi antara variabel volume penjualan (Y) dengan biaya pemasaran (X).
Persamaan regresi yang didapatkan adalah Y=-86.378,783 + 6,983X, dengan nilai R^2 sebesar 82,107%.
Copyrights © 2000