Jurnal Infinity
Vol 1, No 2 (2012): Volume 1 Number 2, Infinity

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING

M. Afrilianto (Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan  pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking, dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandung. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas VIII. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis, angket, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pengolahan data peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking, dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking. Kata Kunci: pendekatan metaphorical thinking, pemahaman konsep matematis, kompetensi strategis matematis. This research aim to describe and to analyze the enhancement of mathematical conceptual understanding and strategic competence between students in metaphorical thinking approach and conventional learning. This kind of research is a quasi experiment. The populations of this research are all of the students of VIII grade in SMP Negeri 12 Bandung. The samples of this research are by choosing 2 classes of VIII grade. The experiment class obtains the metaphorical thinking approach, and the control class obtains the conventional learning. The research of data is obtained by giving a mathematical conceptual understanding and strategic competence test, questionnaire, the observation directive, and the interview directive. The enhancement of mathematical conceptual understanding and strategic competence is processed by the t-test and Mann-Whitney test. The result of this research showed that (1) There is enhancement difference of mathematical conceptual understanding and strategic competence between students in metaphorical thinking approach and conventional learning; (2) Students showed positive attitude towards learning by metaphorical thinking approach. Key words: metaphorical thinking approach, mathematical conceptual Understanding, mathematical strategic competence.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

infinity

Publisher

Subject

Education

Description

Infinity Journal published by STKIP Siliwangi Bandung (IKIP Siliwangi) and Indonesian Mathematics Educators' Society (IMES) publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in a mathematics education study program on current science ...