Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2012): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 3 2012

PEMETAAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KELUARAN PRODUK HASIL PERANCANGAN PEMUTIH BERAS MEKANIK MENGGUNAKAN METODE BIPLOT

Siti Nandiroh (Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik UMS Jl.Ahmad Yani Tromol Pos 1, Pabelan Kartasura, Sukoharjo E-mail: Stnandiroh@rocketmail.com)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2012

Abstract

Beras dengan penampilan bagus mempunyai standar harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras buruk. Dengan adanya selisih harga tersebut ada upaya yang dilakukan pedagang untuk menaikkan harga beras penampilan buruk ke beras penampilan bagus, yaitu dengan menggunakan pemutih dari zat kimia. Hal ini tentu saja sangat berakibat buruk bagi kesehatan konsumen. Pada penelitian sebelumnya, telah berhasil dibuat alat pemutih beras mekanik yang menggunakan tenaga penggerak dari penggilingĀ  beras atau Rice Milling Unit (RMU). Hasil giling beras menunjukkan bahwa gabah berpenampilan buruk, yang biasanya menghasilnya beras buruk mampu menjadi beras dengan penampilan bagus, dan proses penggilingan menjadi lebih singkat. Beras hasil giling produkĀ  pemutih beras mekanik, yang dinamai beras uji coba terbukti mampu bersaing dengan varietas yang lain, yaitu Rojolele, C4, Membramo, IR, 64, Menthik Wangi. Disini disajikan batasan atribut yang mempengaruhi konsumen berpindah dari satu varietas satu ke varietas yang lain adalah harga, jenis/fanatisme, kemasan produk, tampilan, kepulenan dan unsur-unsur yang ada dalam beras. Pemetaan persepsi konsumen menggunakan metode Biplot, menunjukkan peringkat yang stabil dari tiga bulan terakhir yaitu peringkat lima. Hal ini menunjukkan peningkatan performansi beras buruk menjadi lebih bagus yang cukup signifikan. Kata kunci: beras, biplot, konsumen, performansi, varietas.

Copyrights © 2012