Dimensi Interior
Vol 15, No 1 (2017): JUNE 2017

Kajian Antropometri & Ergonomi Desain Mebel Pendidikan Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Siwalankerto

Hasimjaya, Jennie (Unknown)
Wibowo, Mariana (Unknown)
Wondo, Dodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2019

Abstract

Mebel merupakan fasilitas dalam ruang yang sangat vital dalam mendukung tercapainya produktivitas dari aktivitas yang dilakukan. Aktivitas  belajar  anak  usia  dini  biasanya  cenderung  banyak  berinteraksi  dengan  mebal  sebagai  fasilitas  belajarnya. Sebagai studi kasus  adalah  mebel  fasilitas belajar di komunitaspendidikan anak usia dini di Siwalakerto.  Mebel anak usia dini di Siwalankerto perlu dikaji kesesuaiannya secara antropometri dan ergonomi untuk dapat digunakan dengan nyaman, terutama untuk anak usia 3-4 tahun  yang  aktivitas  belajarnya  lebih  banyak  dan  lebih  sering  berinteraksi  dengan  mebel.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mendapatkan antropometri anak usia dini 3-4 tahun yang dapat direkomendasikan untuk menentukan ukuran mebel yang ergonomis dengan pengguna sehingga dapat mengoptimalkan kenyamanan dan menghindari munculnya kelainan dikarenakan kesalahan serta ketidak sesuaian dalam menggunakan mebel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif format eksplanasi survey. Hasil dari penelitian  ini  adalah  ukuran  tubuh  dari  anak-  anak  paud  Siwalankerto  usia  3-4  tahun  dan  ukuran  mebel  yang  direkomendasian sesuai berdasarkan data ukuran antropometri tersebut.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

int

Publisher

Subject

Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Artikel merupakan kajian bidang desain interior, Artikel yang dikirim ke jurnal Dimensi Interior adalah artikel yang tidak sedang dikirim ke jurnal/terbitan lain dan belum dipublikasikan dalam jurnal lain. Kategori artikel ilmiah hasil penelitian (laboratorium, lapangan, kepustakaan), ilmiah populer ...