Buletin Udayana Mengabdi
Vol 16 No 1 (2017)

PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASE LEARNING (PBL) PADA MATA KULIAH STATISTIKA NONPARAMETRIK

N.L.P Suciptawati (Unknown)
M. Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2018

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami mata kuliah Statistika Nonparametrik, dengan menggunakan pendekatan problem base learning (PBL). PBL merupakan metode instruksional yang menantang siswa agar “belajar dan belajar”, bekerja sama dengan kelompok untuk mencari solusi masalah yang nyata. Dalam proses pembelajaran mahasiswa dibagi menjadi 7 kelompok. Setiap kelompok mencari masalah dalam dunia nyata yang dapat mereka selesaikan dengan metode Statistika Nonparametric, selanjutnya hasilnya dipresentasikan di depan kelas. Efektivitas metode pembelajaran dinilai dengan memberikan pree test dan post tes pada mahasiswa. Nila pre test dan post test diuji dengan mengunakan uji Rank bertanda Wilcoxon dengan taraf significansi 5%. Hasil uji Rank bertanda Wilcoxon menunjukkan bahwa metode PBL efektif meningkatkan nilai mahasiswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jum

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Udayana Mengabdi (JUM) diterbitkan sebagai media komunikasi, informasi, edukasi dan pembahasan masalah-masalah pembangunan, utamanya hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat dan hasil-hasil penelitian dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya adalah untuk ...