Buletin Udayana Mengabdi
Vol 16 No 3 (2017)

PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SD 2 SIDAN GIANYAR TENTANG PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DALAM RANGKA PENGENDALIAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH

I.K. Swastika (Unknown)
Wulanyani Wulanyani (Unknown)
I.M. Sudarmaja (Unknown)
N.L.P.E. Diarthini (Unknown)
L. Ariwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2018

Abstract

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi yang diakibatkan oleh virus dengue dengan nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor utamanya. Pada tahun 2015 jumlah Kasus DBD terbanyak di Provinsi Bali dilaporkan terdapat di Kabupaten Gianyar. Pada awal tahun 2016 ini Kabupaten Gianyar merupakan salah satu kabupaten yang mengalami kejadian luar biasa (KLB) untuk demam berdarah dari 9 Kabupaten dan 2 Kota yang mengalami KLB di Indonesia. Salah satu upaya pengendalian vektor adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan siswa SD 2 Sidan Gianyar tentang Pemberantasan sarang nyamuk dalam upaya pengendalian penyakit demam berdarah. Metode yang dilakukan adalah melalui permainan edukatif yaitu permainan ular tangga, dimana dalam permainan ini diselipkan informasi mengenai penyakit demam berdarah dan pemberantasan sarang nyamuk. Siswa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah siswa kelas 4-6 SD 2 Sidan Gianyar, total siswa sebanyak 62 siswa. Siswa laki-laki sebanyak 37 siswa sedangkan siswa perempuan sebanyak 25 siswa. Seluruh siswa diberikan pre test sebelum pelaksanaan kegiatan dan post test setelah pelaksanaan kegiatan. Hasilnya terdapat peningkatan pengetahuan siswa terhadap penyakit demam berdarah dan pemberantasan sarang nyamuk.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jum

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Udayana Mengabdi (JUM) diterbitkan sebagai media komunikasi, informasi, edukasi dan pembahasan masalah-masalah pembangunan, utamanya hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat dan hasil-hasil penelitian dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya adalah untuk ...