Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang
Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang

Pemahaman Konsep Sifat Keperiodikan Unsur Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Semester IV Tahun Ajaran 2016/2017 Hasil Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning

Ruli Meiliawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Model discovery learning merupakan pembelajaran penemuan untuk mengarahkan mahasiswa dapat menentukan sesuatu melalui proses pembelajaran sehingga terbiasa menjadi sainstis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pemahaman Konsep Sistem Periodik Unsur Hasil Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Kimia Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini melibatkan 47 mahasiswa. Data hasil pemahaman konsep mahasiswa ditelusuri melalui pemberian tes tertulis berbentuk essay terhadap mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Pemahaman mahasiswa tentang Sistem Periodik unsur hasil pembelajaran menggunakan model discovery learning adalah (1) pemahaman konsep mahasiswa dalam menjelaskan kecendrungan jari-jari atom unsur seperiode atau segolongan dalam sistem periodik unsur sebelum pembelajaran sebanyak 51,06% mahasiswa tidak memiliki pemahaman dan setelah pembelajaran sebanyak 89,35%, terjadi perubahan pemahaman konsep, dan sebanyak 38,29% tidak mengalami perubahan pemahaman; (2) menjelaskan kecenderungan energi ionisasi suatu unsur dalam sistem periodik unsur adalah sebesar 29,79%, hasil pembelajaran sebesar 63,89% terjadi perubahan pemahaman konsep dan 19,15% tidak mengalami perubahan pemahaman konsep. Terjadi perubahan pemahaman konsep sebesar 42,55%; (3) menjelaskan kecenderungan afinitas elektron suatu unsur dalam sistem periodik unsur berdasarkan data hasil percobaan sebelum pembelajaran sebanyak 44,68% tidak dapat mengurutkan dan menjelaskan kecenderungan afinitas elektron berdasarkan hasil percobaan dan setelah pembelajaran sebanyak 70,22% mampu membuktikan mengurutkan dan menjelaskan kecenderungan afinitas elektron; (4) menjelaskan kecenderungan keelektronegatifan suatu unsur dalam sistem periodik unsur berdasarkan data hasil percobaan sebelum pembelajaran sebanyak 44,68% mahasiswa tidak dapat mengurutkan dan menjelaskan kecenderungan keelektronegatifan, setelah pembelajaran sebanyak 75,86% mampu membuktikan mengurutkan dan menjelaskan kecenderungan keelektronegatifan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIKT

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang pertama kali terbit tahun 2010 (mulai edisi 30 Juli 2010). Jurnal ini resmi dimulai berdasarkan SK no. 0005.103/JI.3.2/SK.ISSN/2010.07 Tanggal 30 Juli 2010. Penerbit FKIP Universitas Palangka Raya. Frekuensi terbitan 6 bulanan atau 2 kali dalam setahun. Tingang adalah ...