Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya
Vol 4, No 2 (2014)

INCREASING STUDENTS? GRAMMAR MASTERYUSING THINK PAIR SHARE STRATEGY AND VIDEO

Ahmad Juharto (Unknown)
Dian Candra Prasetyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2014

Abstract

Tujuan dari pelelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa atau grammar murid. Subjek dari penelitian ini adalah kelas dua belas Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sayung tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti menggunakan tiga siklus yang mana dalam setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan(action), pengamatan (observing), dan refleksi/pemikiran (reflecting). Dalam tahap perencanaan (planning), peneliti menyiapkan rencana pembelajaran dan bahan untuk mengajar tata bahasa (grammar) dan juga media yang akan digunakandalam tahap tindakan (action). Di dalam tahap perencanaan (observing), peneliti mengidentifikasi dan mencatat reaksi atau tanggapan selama proses belajar dan pembelajaran, dan tahap releksi/pemikiran (reflecting) dilakukan untuk merefleksikan hasil dari tindakanyang diperoleh dari siklus-siklus tersebut. Sementara itu, observasi, kuesioner diberikan dua kali, sebelum dan sesudah penelitian. Para murid merasa bahwa strategi Think Pair Share menggunakan video sangat bagus, menyenangkan danmembantu mereka menguasai tata bahasa (grammar). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di pre-test nilai rata-rata adalah 17.01. Nilai rata-rata di siklus 1 post-test adalah 55.10, dan untuk post-test 2, nilai rata-ratanya adalah 69,72. Untuk post-test 3, nilai rata-rata dalam pembelajaran pada umumnya positif, ditandai dengan persentase jawaban positif dalam rata-rata 88%. Jadi bisa disimpulkan bahwa strategi Think Pair Sharemenggunakan video dapat meningkatkan kemampuan tata bahasa para murid dan guru bisa menggunakan stategi dan media ini untuk meningkatkan kemampuan para murid dan membuat suasana positif dikelas. Kata kunci : think pair and share, video, grammar.

Copyrights © 2014