PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2012: SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2012

PENGARUH PELAYANAN BIDAN DELIMA TERHADAP KEPUASAN KLIEN DI WILAYAH KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Siti Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2012

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan tingkat kesempurnaan untuk memenuhi keinginan konsumen.Kepuasan berupa perasaan senang atau kecewa seseorang yang dialami setelah membandingkanantara persepsi kinerja atau hasil suatu produk dengan harapan. Penelitian ini ditujukan untukmenganalisa pengaruh pelayanan Bidan Delima terhadap kepuasan klien di Kecamatan BanyumanikSemarang.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan rancangan penelitian crosssectional. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner tentang kualitas pelayanan Bidan Delima dantingkat kepuasan pasien. Populasi aktual dalam penelitian ini adalah pasien bidan delima dikecamatan Banyumanik Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 98 orang dengan kriteria yangsudah ditentukan. Hasil pengumpulan data diolah menggunakan uji statistik Chi Square dengan tarafsignifikansi 0,05.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar 87 (88,8%) pasien menyatakan kualitaspelayanan yang diberikan tinggi dan 88 (89,9%) pasien menyatakan puas. Hasil nilai Fisher’t exacttest ρ 0,000 ( α < 0,05). Kesimpulan dari hasil analisa menunjukkan adanya pengaruh pelayanan bidandelima dengan kepuasan klien di wilayah kecamatan Banyumanik kota Semarang.

Copyrights © 2012