Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atauhasil yang dirasakan dengan harapan yang dimilikinya. Hal ini berarti kepuasan pasien diperoleh setelahpasien menerima pelayanan kesehatan dari rumah sakit tempat mereka dirawat dan dibandingkan denganpelayanan kesehatan yang mereka harapkan. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor internal yaitukarakteristik individual pasien dan faktor ekternal yaitu pelayanan kesehatan yang berasal dari rumahsakit termasuk pelayanan keperawatan. Penelitian ini menjelaskan pelayanan keperawatan yang dimaksudadalah pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang. Hasil penelitian menunjukkan rata-ratakepuasan pasien setelah dilakukan pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentangnutrisi sebesar 94,77%, sedangkan yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 69,04% dengannilai p = 0,0001. Dengan demikian pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentangnutrisi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepuasanpasien setelah dilakukan pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang aktivitas sebesar 93,09%,dan pada kelompok yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 66,41% dengan nilai p = 0,0001.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadapkepuasan pasien tentang dalam pelayanan keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-ratakepuasan pasien setelah dilakukan pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang obat-obatansebesar 93,43% dan pada kelompok yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 73,45% dengannilai p = 0,0001. Hal ini berarti terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasienpulang terhadap kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan. Kepuasan pasien terhadap pelayanankeperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang nutrisi lebih tinggi secarabermakna daripada kepuasan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program inidiharapkan pasien dan keluarga memiliki persepsi yang baik. Kepuasan pasien terhadap pelayanankeperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang aktivitas lebih tinggi secarabermakna daripada kepuasan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program ini tidakdiharapkan dan pasien memiliki persepsi yang tidak baik Kepuasan pasien terhadap pelayanankeperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang obat-obatan lebih tinggi secarabermakna daripada kepuasan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program inidiharapkan pasien dan pasien memiliki persepsi yang baik.Kata kunci: pendidikan kesehatan, persiapan pasien pulang, kepuasan pasien
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2010