PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2017: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi

PENINGKATAN KARAKTER KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA HIBURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 08 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

- Sri (Unknown)
Abdul Karim (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2018

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan temauntuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikanpengalaman bermakna kepada siswa. Pada pembelajaran tema Hiburanterutama materi pokok menusun paragraf di kelas III SD Muhammadiyah 08 Semarang menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Berdasarkanpengamatan sebagian besar karakter kreatif siswa belum terlihat, sedangkanhasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 68%, sehingga dipandang masih membutuhkan perbaikan. Penelitian perbaikan pembelajaranini dilaksanakan peneliti untuk meningkatkan karakter kreatif dan hasil belajarsiswa pada tema Hiburan. Dalam hal ini peneliti melakukan perbaikanpembelajaran dalam 2 siklus yang memfokuskan pada penggunaan modelpembelajaran Contextual Teaching and Learning. Setelah dilakukan perbaikanpada ternyata prosentase karakter kreatif siswa meningkat yang semula  padakriteria Belumi Terlihat (BT) setelah perbaikan meningkat  pada kriteria MulaiBerkembang (MB). Sedangkan hasil belajar mengalami peningkatan dari tahappra siklus prosentase nilai yang mencapai KKM sebanyak 68%, setelah melaluiproses perbaikan meningkat menjadi 79%. Berdasarkan hasil penelitian  makadapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ContextualTeaching and Learning pada tema Hiburan materi menulis paragraf kelas IIISD  Muhammadiyah  08  Semarang  dapat  meningkatkan  karakter  kreatif  dan hasil belajar siswa. Keywords:  Contextual Teaching and Learning, kreatif, hasil belajar

Copyrights © 2017