Harmonia: Journal of Research and Education
Vol 8, No 3 (2007)

PENGEMBANGAN MATERI DAN KEGIATAN PEMBELAJARANNYA DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN BIDANG SENI MUSIK

Suharto, Suharto (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2011

Abstract

Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) pada dasarnya adalah KurikulumBerdasarkan Kompetensi (KBK). Dalam KTSP sekolah (guru) memiliki kesempatanmembuat kurikulum mengembangkan sendiri kurikulumnya sesuai dengan potensisekolah dan daerah, kebutuhan dan latar belakang/karakteristik siswa, sampai padakemampuan gurunya. Pemanfaatan potensi daerah yang dimanfaatkan dalamkurikikulum Seni Budaya termasuk bidang Seni Musik sangat kental dalam KTSP yangtercermin dalam Standar Kompetensi (SD) dan Kompetensi Dasarnya (KD). SayangnyaKD yang begitu kental dengan kesenian daerah masih disikapi guru Seni Budaya denganberbagai interpretasi apakah harus dilaksanakan dengan penuh keterbatasan baikkemampuan guru yang berlatar belakang pendidikan seni berbeda atau dengan jeniskesenian lain sesuai dengan latar belakang dan kemampuan gurunya terutama bagi guruguruyang berlatar belakang musik diatonis. Tidak disebutkan secara eksplisit dalamperumusan SK maupun KD juga menjadi pemicu multitafsir guru dalam menjabarkandalam penyusunan silabusnya terutama dalam penentuan materi pembelajaran maupunkegiatan pembelajarannya. Tulisan ini menawarkan dalam “menterjemahkan” isi SK danKD untuk menentukan materi dan kegiatan pembelajarannya.Kata kunci : standar kompetensi, kompetensi dasar, pengembangan,

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

harmonia

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Harmonia: Journal of Arts Research and Education is published by Departement of Drama, Dance, and Music, Faculty of Language and Arts, Universitas Negeri Semarang in cooperation with Asosiasi Profesi Pendidik Sendratasik Indonesia (AP2SENI)/The Association of Profession for Indonesian Sendratasik ...