JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains)
Vol 9, No 1 (2019)

MODEL APPOSITE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KINEMATIKA PADA MAHASISWA

prastowo, sri handono budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2020

Abstract

Model Apposite  merupakan suatu pengembangan model pembelajaran baru yang menunjukan interaksi antara guru dan siswa berdasarkan pada kemampuan skemata serta respon dari siswa. Model ini menekankan interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang diharapkan mampu mengontrol proses kognitif siswa secara berkesinambungan.Penguasaan konsep Fisika merupakan kemampuan mahasiswa dalam menguasai konsep serta aplikasinya dalammenyelesaikan permasalahan.Kinematika merupakan materi Fisika yang membahas tentanggerk suatu benda tanpa memperhitungkan penyebab benda tersebut bergerak. Terdapat 7 tahapan dalam menggunakan model Apposite pada pembelajaran Fisika melalui pendekatan kontekstual ; Invitasi, Eksplorasi, Elaborasi, Penjelasan dan solusi, Pengambilan tindakan dan evaluasi,serta refleksi.diri.Desainpenelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre tes post tes one group desain dengan responden dalam aplikasi model ini adalah mahasiswa semester 1 Prodi Fsika FKIP universitas jember. Dari hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan konsep mahasiswa didapatkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep mahasiswa  pada materi Kinematika dengan kategori sangat baik dengan tingkat kefektifan dalam kategori cukup efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpps

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) is one of the research journals in the education field which includes science, physics, chemistry, and biology education. JPPS also contains articles that discuss the latest issues about ...