Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya
Vol 5, No 1 (2018): Vol 5 no 1 Bulan Maret 2018

MENEROKA ASPEK RELIGI DRAMA GRAFITO KARYA AKHUDIAT

Roesmiati, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek religi drama Grafito karya Akhudiat dan mendeskripsikan konflik antartokoh yang berkaitan dengan aspek religi. Tema-tema religi merupakan sesuatu yang lazim muncul dalam karya sastra. Bersikap religiositas adalah berserah diri pada kekuatan yang lebih besar untuk menciptakan kebahagiaan yang bersifat pribadi. Penelitian ini berkaitan dengan teori sosiologi sastra untuk menganalisis naskah drama. Sumber data penelitian adalah Grafito yang terdapat dalam Antologi 5 Lakon Akhudiat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan, yaitu membaca naskah drama Grafito secara intens dan menginterpretasi serta memahami naskah drama tersebut, kemudian menganalisis. Hasil temuan penelitian ini adalah adanya konfik antartokoh yang berkaitan dengan beda pendapat tentang agama. Perbedaan agama dalam suatu pernikahan menjadi tema sentral drama Grafito. Analisis aspek religi naskah drama Grafito menghasilkan adanya hubungan dan respons religi dalam drama tersebut. Akhudiat sebagai pengarang berhasil membuka wawasan pembaca tentang ?perbedaan yang indah? dalam suatu pernikahan beda agama. Penggambaran aspek religi muncul melalui peristiwa-peristiwa dalam dialog antartokoh. Berlatar belakang konflik pernikahan beda agama, yaitu Islam dan Kristen, drama Grafito menunjukkan keuniversalan tema tentang manusia dan Tuhan. Grafito karya Akhudiat ini dapat digolongkan sebagai drama bergenre komedi satire.Kata kunci: Aspek religi, naskah drama, komedi satire

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

paramasastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

discusses field-based research, literature research, and theoretical and methodological reflection on languages, literatures, and its teaching. This journal receives research-based articles or literary-based studies that will be published twice a year through the screening process. All articles ...