Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya
Vol 1, No 1 (2014): Vol 1 No 1 Bulan Maret Tahun 2014

PENGAJARAN SASTRA BERBASIS EXPERIENCE LEARNING

Endraswara, Suwardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2014

Abstract

Tulisan ini bermaksud memberikan pemahaman terhadap pembelajaran sastra gaya baru. Pembelajaran yang inovatif ditandai oleh perubahan paradigma, yang semula menekankan hafalan, berubah ke arah pemberian pengalaman hidup. Pengajaran sastra yang mendewakan guru sebagai superior, sudah tidak saatnya lagi. Guru dan siswa sudah saatnya mengubah diri ke arah  sharing  pengalaman hidup. Pengajaran sastra berbasis pengalaman bertujuan memberikan warna baru agar sastra tetap dihargai oleh siswa. Sastra adalah karya yang memuat aneka pengalaman. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran diharapkan ada kontak atau komunikasi intensif. Komunikasi sastra tersebut terjadi ketika siswa mampu menafsirkan dan menimba pengalaman. Itulah salah satu bentuk pengalaman yang menggoda dalam pembelajaran sastra. Perubahan kultur pembelajaran teoritik kea rah pemberian pengalaman akan dapat menjajdi jembatan penyemaian pendidikan karakter lewat cipta sastra.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

paramasastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

discusses field-based research, literature research, and theoretical and methodological reflection on languages, literatures, and its teaching. This journal receives research-based articles or literary-based studies that will be published twice a year through the screening process. All articles ...