Saat tni,  banyak hotel berusaha  untuk  menyediakan  layanan  terbaik bagi para wisatawan.  Hal  ini menyebabkan   semakin  ketatnya  lingkungan  persaingan. Kreativitas  strategi dan  pembelajaran  organisasional  merupakan  alternatif dari keunggulan  kompetitif yang  dimiliki  oleh perusahaan  sebagai  aset yang  dapat meningkatkan   kinerja   pemasaran.   Kreativitas   strategi  yang   dimiliki  oleh perusahaan dapat membantu perusahaan untuk memunculkan ide-ide baru dalam setiap penyusunan  perencanaan secara khusus dalam menyusun strategi pemasaran. Demikian pula dengan meningkatkan pembelajaran organisasional secara terus-menerus,  perusahaan secara cepat dapat mengantisipasi perubahan- perubahan yang terjadi di sekitar perusahaan melalui strategi-strategi yang diaplikasikan. Dan dengan mekanisme tersebut diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja pasarnya.  Penelitian ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang  berkaitan  dengan  konsep  "marketing  strategy  making"  seperti  kreativitas strategi dan variabel-variabel yang  mendukungnya, pembelajaran organisasional, dan kinerja pemasaran.
Copyrights © 2004