Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karakter unik yang dimiliki masyarakat Indonesia, dalamhal ini adalah perilaku konsumen yang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan sebagianbesar konsumen lain yaitu salah satunya pembelian spontan atau pembeian impuls. Penelitianini mencoba untuk menganalis faktor yang mempengaruhi pembelian spontan dilihat dari responslingkungan belanja sebagai stimulus. Penelitian ini menggunakan 2 variabel, 1 variabel independenyaitu respon lingkungan toko dan variable dependen yaitu pembelian spontan. Penelitian inimemakai metode eksperimen dan menggunakan 100 partisipan dan membaginya menjadi 2yaitu grup eksperimen (yang diberi perlakuan) dan grup kontrol (yang tidak diberi perlakuan).Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Berdasarkan hasil uji t tersebut diketahui bahwa nilait hitung sebesar 7,947 lebih besar dari T tabel yaitu 1,9845 sehingga hipotesis dari penelitianini diterima. Artinya ada perbedaan atau pengaruh antara grup eksperimen yang diberi treatmentatau perlakuan dengan grup yang tidak diberi perlakuan atau grup kontrol terhadap pengambilankeputusan pembelian spontan
Copyrights © 2014