JURNAL SAINS PEMASARAN INDONESIA
Vol 6, No 3 (2007): Desember

ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN UNIT BISNIS, DAN LINGKUNGAN PASAR EKSPOR TERHADAP ADAPTASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN

Karlas, Petrus (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2017

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah  untuk menguji pengaruh pengalaman  unit bisnis dan lingkungan pasar ekspor terhadap adaptasi produk untuk meningkatkan kinerja pemasaran.Penelitian  ini  dilakukan  di unit-unit  PT Pura  Barutama  Kudus,  responden  yang  digunakan sebanyak  107 manajer,  menggunakan  Structural Equation  Modeling  (SEM).  Hasil penelitian menunjukkan  pengalaman  unit  bisnis  dan  lingkungan  pasar  ekspor mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap adaptasi produk dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Pengaruh  dari  pengalaman  unit  bisnis  terhadap  adaptasi produk  adalah  0,31;  pengaruh lingkungan  pasar  ekspor  terhadap  adaptasi  produk  adalah  0,33;  dan  pengaruh  adaptasi produk terhadap kinerja pemasaran ada/ah 0,31.Lingkungan pasar ekspor adalah  variabel yang paling penting penting dalam mempengaruhi adaptasi produk dan berdampak pada kinerja pemasaran daripada pengalaman  unit bisnis.

Copyrights © 2007