Masa edukasi pasar bagi produk baru adalah masa yang penting bagi keberhasilan produk  di  pasar.  Pada  masa ini  calon pelanggan  berada pada  tahap  mencobaproduk.  Bila produk dapat  memenuhi atau  bahkan  melebihi harapan pelanggan maka  konsumen  akan  mengadopsi produk  tersebut lebih  lanjut.  Penelitian  ini berusaha untuk mengldentifikasikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tinggi/rendahnya  persepsi pelanggan  terhadap kinerja produk pada  masa  awal edukasi pasar serta pengaruhnya terhadap minat mereferensikan produk pasca program  edukasi pasar.  Dari pengujian model dengan  menggunakan data yang diambil  dari  120  responden,  hasil penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  terdapat hubungan positif antara faktor  kegunaan produk,  kemudahan penggunaan produk dan pergaulan sosial  terhadap  nilai pelanggan.  Selanjutnya  didapati  hubungan positif antara nilai pelanggan dengan minat mereferensikan.  Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa faktor-faktor kegunaan produk,  kemudahan penggunaan  dan pergaulan  sosial  merupakan faktor-faktor  penentu  tinggi  rendahnya persepsi pelanggan  terhadap  kinerja  produk  yang  secara  tidak  langsung  mempunyai pengaruh positif terhadap minat mereferensikan.
Copyrights © 2003