Research  Gap yang  terjadi  pada  penelitian  - penelitian  sebelumnya  (Mohr  and  Spekman,1994;  monczka  et  al.,  1998)  adalah  masih  terdapat  pertanyaan  yang  belum  terjawab mengenai apa sebenarnya  kunci  sukses   dari aliansi strategis  agar perusahaan  mampu bersaing. Penelitian Monczka  et al. (1998) mengindikasikan bahwa beberapa variabel yang diteliti (proses pemilihan pemasoklkomoditas,  teknik pemecahan  persoalan,  komunikasi,  dan kelengkapan  aliansi) mempunyai pengaruh terhadap kesuksesan  aliansi strategik meskipun kurang kuat (indikator teknik pemecahan  persoalan: pemecahan masalah bersama; indikator kelengkapan  aliansi: kepercayaan dan koordinasi). Berdasarkan masalah penelitian tersebut maka  penelitian  ini menjawab  faktor-faktor apa  yang  sebenarnya  menjadi  kunci sukses aliansi strategik untuk meningkatkan keunggulan  bersaing perusahaan. Penelitian ini menggunakan  data kuesioner  yang terkumpul yaitu  147 responden  dari 168 konter HP yang menjual pulsa  elektronik  PT.  Nusapro  di  Semarang.  Alat analisis  data  yang  digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program AMOS  4.01. Hasil analisis data menunjukkan  bahwa  model penelitian  mempunyai  kesesuaianlfit yang  baik  dan  semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil  adalah atribut aliansi berpengaruh positip  dan  signifikan  terhadap kesuksesan  aliansi strategik,  resolusi  konflik berpengaruh  positip  dan  signifikan  terhadap  kesuksesan   aliansi  strategik,  per_ilaku komunikasi berpengaruh positip dan signifikan terhadap kesuksesan  aliansi strategik, dan kesuksesan  aliansi  strategik  berpengaruh  positip  dan  signifikan  terhadap  keunggulan bersaing  berkelanjutan.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  diambil  kesimpulan  bahwa diantara  ketiga  faktor yang  mempengaruhi kesuksesan  aliansi strategik pada  kerjasama konter-konter HP yang  menjual pulsa  elektronik PT.  Nusapro  di  Semarang yaitu:  atribut aliansi,  resolusi  konflik,  dan  perilaku  komunikasi  didapatkan  kesimpulan  bahwa  atribut aliansi  merupakan  faktor  yang  paling  dominan  pengaruhnya  pada  kesuksesan  aliansi strategik.Â
Copyrights © 2007