Keunggulan  bersaing  merupakan  kesatuan  dari  tiga aspek utama,  yaitu Merk,  Orientasi  Stratejik,  dan lnovasi.  Keunggu/an bersaing  bisa  tercapai o/oh UKM atau perusahaan ketika mereka bisa memenuhi nilai dari masing- masing  aspek  tanpa  memisahkan  peran  ketiga  aspek  tersebut  dengan dukungan  semua  lini  yang  akan  membentuk  suatu  kesatuan  dari keunggulan  bersaing perusahaan.  adalah bukan dari profit yang dihasilkan tetapi  yang  utama  adalah  tingkat  kebaharuan  produk  atau  tingkat kebaharuan  merk  mereka,  agar dapat  diterima  konsumen sehingga  nilai- nilai yang diharapkan  o/eh konsumen dapat terpenuhi dan memenangkan persaingan    tanpa   harus    meniru    merk-merk    terkenal. Tulisan   tm menganalisis permasa/ahan yang be/um optimalnya  Keunggulan bersaing UKM Tanggulangin.Uji empirik dilakukan terhadap  108  UKM Tanggulangin di Sidoarjo,  Jawa Timur yang sedang mengalami penyesuaian I perubahan pada  hampir semua  lini  dikarenakan  ke/uarnya  UU no  19  tahun  2002 tentang HaKI.  Teknik  analisis yang digunakan untuk penelitian ini  adalah structural  equation  modelling.   Ternyata  ditemukan  fakta  bahwa  Haki memberi  nilai positif pacfa pengembangan orientasi  Keunggulan bersaing UKM Tanggulangin  yang  dipengaruhi  o/eh Merk,  Orientasi  stratejik,  dan lnovasi.
Copyrights © 2004